Profil Sumber Daya Merawan


1. Gambaran Umum Area Studi

Area studi keanekaragaman hayati berada di sekitar wilayah operasi produksi PT Pertamina EP Asset 2 Prabumulih Field khususnya yang berdekatan dengan Kota Prabumulih. Tipe vegetasi yang terdapat disekitar lokasi kerja PT Pertamina EP Asset 2 Field Prabumulih adalah semak belukar, rawa gelam, kebun karet, kebun sawit, persawahan dan kebun campuran. Berdasarkan habitusnya, jenis tumbuhan yang menyusun komunitas tumbuhan pada vegetasi semak belukar terdiri atas pohon, perdu dan herba (tumbuhan bawah). Jenis tumbuhan pohon didominasi oleh simpur, seru dan jambu mawar, sedangkan kelompok tumbuhan bawah didominasi oleh alang- alangdan rumput-rumputan. Jenis tumbuhan perdu sedikit ditemukan dan penyebarannya merata pada wilayah studi adalah seduduk. Vegetasi pada eksosistem rawa-rawa secara umum disusun oleh tumbuhan gelam. Struktur komunitas pada vegetasi semak belukar berdasarkan hasil pengamatan terlihat komposisi jenis tumbuhannya kurang beranekaragam, hal ini disebabkan karena pada adanya pembukaan lahan oleh masyarakat setempat untuk kegiatan perkebunan terutama kebun karet dan kebun sawit.

2. Analisa Biodiversity Komperta PT Pertamina Asset 2 Field Prabumulih

Komposisi vegetasi yang terdapat di sekitar wilayah kerja PT Pertamina Prabumulih Field ditemukan beberapa jenis vegetasi di lokasi studi yang dijadikan sebagai baseline data Flora. Terdapat total 109 spesies tumbuhan yang ditemukan didalam Komplek Perumahan PT Pertamina EP Asset 2 Field Prabumulih. Dalam melakukan pengeructan hasil analisa, peneliti juga telah melakukan analis vegetasi flora berdasarkan status IUCN Red List. Status IUCN adalah Kategori Status konservasi IUCN Red List merupakan kategori yang digunakan oleh IUCN (International Union for The Conservation of Nature and Natural Resource) dalam melakukan klasifikasi terhadap spesies spesies berbagai makhluk hidup yang terancam kepunahan. Pada tabel berikut dapat dilihat berberapa jenis flora di sekitar wilayah operasi yag terdapat dalam status IUCN.

3. Penetapan Parameter Sumber Daya Biologi yang Dilindungi

Berdasarkan data hasil survei baseline data status keanekearagaman hayati secara umum di sekitar wilayah produksi PT Pertamina EP Asset 2 Prabumulih dan analisa dengan IUCN redlisst Field yang disusun oleh INAgRI (Institut Agroekologi Indonesia) telah dilakukan penetapan flora yang akan dikonservasi. Institut Agroekologi Indonesia (INAgri) juga telah melakukan servey di beberapa wilayah sampling di kota Prabumulih untuk mendapatkan data baseline data spesifik untuk mengetahui keberadaan pohon merawan di sekitar Kota Prabumulih. Data tegakan pokok merawan ini belum mewakili angka pasti status tegakan merawan hidup yang ada hari ini di wilayah Prabumulih. Meski demikian, dari keterwakilan desa/kelurahan yang ada, ditambah sulitnya mendapat informasi baik lisan maupun temuan fisik, dapat disimpulkan keberadaan tegakan merawan hidup sudah amat sedikit dan langka.

Di tingkat lebih luas, status konservasi merawan tingkat nasional pun, informasi dugaan populasi yang tegakan merawan eksis juga masih sulit didapat. Laporan konservasi merawan masih relatif terbatas. Baik konservasi spesies maupun konservasi ekosistem. Temuan survey singkat ini dapat menjadi rujukan pentingnya konservasi merawan. Pilihan konservasi keanekaragaman hayati ini dapat dilakukan setidaknya melalui dua cara:
  1. Konservasi spesies merawan secara ex-situ (di luar ekosistem asli) pada sebentang lahan yang disiapkan (taman atau hutan buatan).
  2. Konservasi spesies dan ekositem secara in-situ pada guguk-guguk dan pokok tegakan merawan yang masih eksis dan dirawat masyarakat.
Hopea mengerawan merupakan salah satu spesies tumbuhan yang akan dilindungi oleh PT Pertamina EP Asset 2 Prabumulih Field. Pemilihan ini dilakukan berdasarkan status perlindungan, status terancam {kritis(CR), genting (EN), Rentan (VU), Mendekati Terancam Punah (NT), dan Risiko Rendah (LC)], dan status perdagangan intersional (Appendix I, Appendix II, Appendix III, dan Non Appendix). Berikut ini merupakan parameter yang menjadikan merawan dipilih sebagai salah satu spesies yang akan dilindungi oleh PT Pertamina EP Asset 2 Prabumulih Field :
  1. Status Keterancaman : Mendekati Terancam Punah (Critically Endangered) menurut IUCN
  2. Status Perlindungan : Dilindungi
  3. Status Perdagangan Internasional : Appendix I 
  4. Merupakan budaya asli Kota Prabumulih yang dulunya digunakan sebagai rumah adat Prabumulih.


Comments